Yohana Yembise

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
Sofyan-jalil.jpg

Yohana Susana Yembise adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalan Kabinet Kerja Jokowi. Ia menjadi sangat terkenal karena merupakan perempuan Papua pertama yang menjabat sebagai menteri di Indonesia. Wanita berusia 56 tahun ini sebelumnya menjabat sebagai profesor di Universitas Cenderawasih Jayapura. Yohana Yambise juga menjadi guru besar perempuan pertama dari tanah Papua.

Ia lahir di Manokwari, Papua, pada 1 Oktober 1958

Gebrakan

Pendidikan

Yohanan Yambise menempuh SD di Jayapura, kemudian SMP dan SMA di Nabire, kemudian memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Cenderawasih di bidang Bahasa Inggris. Tahun 1992, Yohanan Yambise memperoleh beasiswa dari Regional Language Center (RELC), SEAMEO Singapura, untuk memperdalam ilmu linguistik terapan. Dua tahun kemudian, ia meraih gelar master dari Departemen Pendidikan Simon Fraser University di Kanada. Tahun 2001, ia menempuh pendidikan doktoral di Universitas Newcastle, Inggris, dan lima tahun kemudian Yohanan Yambise meraih gelar Ph.D.

Karier

Tahun 1992 menjadi Diplomat Applied Linguistic TEFL (Dip TEFL) dari Regional English Language Centre (RELC), SEAMEO Singapore. Meski sudah bekerja, ia tetap bertekad untuk melanjutkan pendidikan. Ia kemudian menjabat sebagai Ketua Tim Seleksi Guru Bahasa Inggris SMP, SMK, dan SMA di Kabupaten Merauke untuk persiapan pengiriman guru Bahasa Inggris ke Sunshine Coast University Australia.

Ia juga pernah sebagai anggota Joint Selection Team (JST) Australian Development Scholarship beasiswa ADS/USAID tahun 2011. Serta terlibat dalam kegiatan kesenian yang disponsori Badan Kesenian Daerah Kabupaten Paniai di Nabire sejak 1974-1978. Dia juga pernah menjadi Wakil Ketua KNPI Kabupaten Paniai tahun 1984.

Sebagai pengabdian kepada masyarakat, ia pernah mencoba mencalonkan diri sebagai Bupati Biak Numfor pada tahun 2013.