Triawan Munaf

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari

Triawan Munaf adalah seorang mantan musisi, pengusaha dan politisi Indonesia. Ia menjabat sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif setelah resmi dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada 26 Januari 2015, melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 9 P Tahun 2015. Ia menjadi pimpinan yang pertama pada lembaga setingkat kementerian yang baru dibentuk tersebut. Badan Ekonomi Kreatif adalah sebuah lembaga negara baru yang dulunya merupakan bagian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif [Bekraf].

Gebrakan

Karier

Triawan merupakan mantan personel grup musik Giant Step yang beraliran progressive rock asal kota Bandung pada tahun 1970-an. Ia bermain sebagai keyboardist dan penyanyi pada grup musik tersebut. Setelah tidak begitu aktif bermusik, Triawan kemudian bergerak dalam dunia usaha periklanan dan mendirikan Euro RSCG AdWork pada 26 Desember 1989. Salah satu kliennya adalah Partai PDI Perjuangan. Logo PDI Perjuangan berupa lambang Banteng Moncong Putih adalah salah satu hasil karyanya.

Belakangan Triawan juga terlibat dalam dunia politik melalui PDI Perjuangan dan juga sebagai anggota tim sukses Jokowi - JK. Sebelumnya, namanya sempat diberitakan sebagai calon Menteri Ekonomi Kreatif pada kabinet Jokowi - JK.

Kehidupan pribadi

Triawan adalah putra dari pasangan Bahar Munaf dan Etty Munaf. Ia menikah dengan Luki Ariani. Mereka adalah orangtua dari Virania Munaf, Sherina Munaf, seorang penyanyi dan aktris terkenal Indonesia dan Mayzura Munaf.Triawan juga merupakan sepupu dari musisi Fariz Rustam Munaf.

Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Triawan_Munaf