Ryamizard Ryacudu

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
Ryamizard riyacudu.jpg

Jenderal TNI (Purn.) Ryamizard Ryacudu adalah Menteri Pertahanan dalam Kabinet Kerja Jokowi. Ia sebelumnya hampir menjadi Panglima TNI saat peralihan dari pemerintahan Megawati ke SBY, namun dianulir oleh SBY. Ia terkenal sangat dekat dengan Megawati.

Ia lahir di Palembang, pada 21 April 1950.

Gebrakan

Ryamizard riacudu.jpg

Pendidikan dan Karier

Ryamizard Ryacudu memulai pendidikan militernya dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) lulus tahun 1974. Ia kemudian mengikuti pendidikan khusus Suscapa selama satu tahun dari 1985 hingga 1986, dan pada tahun 1991 lulus dari Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad). Setelahnya kariernya terus meroket.

Ia pernah menjabat Pangdam V/Brawijaya pada tahun 1999, Pangdam Jaya/Jayakarta pada kurun waktu 1999 hingga 2000, dan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat antara tahun 2000 sampai 2002. Selanjutnya ia menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada tahun 2002 hingga 2005.

Saat menjadi Pangdam Jaya, ia terlibat dalam pengamanan Jakarta selama turunnya Presiden Gus Dur.

Karier Politik

Ryamizard Ryacudu sering dianggap sebagai "orang Megawati". Pencalonannya sebagai Panglima TNI dibatalkan oleh SBY dengan memperpanjang jabatan Endriartono Sutarto, sehingga menimbulkan kecurigaan konflik pribadi antara SBY dan Ryamizard, seperti yang diungkapkan oleh Abdurrahman Wahid Setelah akhirnya pensiun dari militer, ia mengaku tidak ingin masuk ke dunia politik, namun pada tahun 2008, saat ikut dalam deklarasi Majelis Kebangsaan Indonesia, ia sempat menyatakan mempertimbangkan menjadi Calon Presiden bila mendapat dukungan. Pada 27 Januari 2009, ia diundang ke Rakernas PDIP, menggantikan Hidayat Nur Wahid yang tidak jadi diundang, sehingga memunculkan namanya sebagai salah satu cawapres Megawati.

Namanya sempat diisukan sebagai salah satu calon wakil presiden Joko Widodo, walaupun akhirnya Jusuf Kalla yang terpilih. Ia lalu mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dan terlibat dalam pembekalan relawan selama kampanye Pilpres. Ryamizard Ryacudu kemudian ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan dalam Kabinet Kerja.

Kehidupan pribadi

Ia menikah dengan Nora Tristyana dan memiliki tiga orang anak, yaitu Ryano Patria Amanzha, Dwinanda Patria Noryanzha, dan Trynanda Patria Nugraha

Sumber