Puan Maharani

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari

Puan Maharani adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Republik Indonesia pada Kabinet Kerja di Kabinet Kerja Jokowi, yang terkenal karena menjadi cucu Sukarno sekaligus anak Megawati Sukarno Putri. Ia lahir di Jakarta, 6 September 1973. Ia cukup berpengalaman di politik dengan pernah menjadi anggota DPR Komisi VI, Ketua Fraksi Komisi I sebagai pengganti Tjahjo Kumolo, serta anggota badan kelengkapan dewan BKSAP (Badan Kerjasama Antar Parlemen).

Ia merupakan Sarjana Ilmu Komunikasi lulusan Universitas Indonesia.

Gebrakan

Masa kecil dan pendidikan

Ia memulai pendidikan dasar di SD Perguruan Cikini dan lulus 1985, lalu melanjutkan ke SMP Perguruan Cikini dan lulus pada 1988, setelahnya ke SMA Perguruan Cikini, lulus pada 1991, dan akhirnya menamatkan pendidikan di Jurusan Komunikasi Massa, FISIP, Universitas Indonesia.

Karier

Ia memulai karier politik di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Pada kurun waktu 2005-2010 ia menjabat Ketua Bidang Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat DPP PDI Perjuangan dan Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga DPP PDIP pada kurun waktu 2010 - 2015. Ia mulai masuk ke ranah legislatif dengan menjadi wakil PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) pada tahun 2009 - 2014, kemudian kembali mendapat kursi DPR dari PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) pada tahun 2014. Namun ia kemudian mendapat posisi Menteri di Kabinet Kerja sehingga melepasnya.

Kehidupan Pribadi

Ia menikah dengan Hapsoro, dan dikaruniai 2 orang anak.

Sumber