Pratikno

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari

Prof. Pratikno, M.Soc.Sc adalah Menteri Sekretaris Negara dalam Kabinet KerjaJokowi. Ia terkenal karena sebelumnya menjabat rektor Universitas Gadjah Mada saat dilantik. Ia juga guru besar FISIP UGM pada tahun 2010. Ia aktif dalam penelitian politik lokal dan jaringan pemerintahan. Pratikno lahir di Bojonegoro pada 13 Februari 1962.

Gebrakan

Pendidikan

Ia memulai pendidikan tinggi di bidang Politik dan Pemerintahan di kampus UGM. Ia kemudian melanjutkan ke Inggris mengambil jurusan Development Administration di University of Birmingham, Inggris, dan lulus tahun 1991. Program doktornya dilanjutkan di Flinders University of South Australia, Jurusan Asian Studies.

Karier

Ia sudah menjadi dosen UGM sejak 1986. Tahun 2003, ia dipercaya menjadi Direktur Program Pascasarjana Prodi Ilmu Politik Konsentrasi Politik Lokal dan Otonomi Daerah sekaligus Wakil Dekan bidang Akademik FISIP UGM. Dia juga terpilih sebagai moderator debat capres tahun 2009 dan diangkat sebagai tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu. Tahun 2012, ia terpilih sebagai Rektor UGM.

Kehidupan Pribadi

Ia menikah dengan Dra. Ec. Siti Faridah dan dikaruniai 3 orang putri.

Sumber