Nila F Moeloek

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari

Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K) adalah Menteri Kesehatan Indonesia di Kabinet Kerja Presiden Jokowi periode 2014-2019. Ia dikenal sebagai pejabat kesehatan yang mendahulukan pendekatan relawan. Nila Moeloek lahir di Jakarta pada tanggal 11 April 1949. Ia juga seorang ahli oftalmologi (ilmu penyakit mata) dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Program dan Gebrakan

Nila f moeloek copy.jpg
Nila-moloek-infografis.jpg
Infografis kemenkes.jpg

Masa Kecil dan Pendidikan

Nila Moeloek menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kemudian ia melanjutkan pendidikan spesialis mata, serta mengikuti program sub-spesialis di International Fellowship di Orbita Centre, University of Amsterdam, Belanda dan di Kobe University, Jepang. Kemudian ia melanjutkan pendidikan konsultan Onkologi Mata dan Program Doktor Pasca-Sarjana di FKUI.

Karier

Selain menjadi dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kirana, ia juga menjadi ketua umum Dharma Wanita Persatuan Pusat (2004-2009), Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami), dan Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) periode 2011-2016. Dia sempat disebut-sebut menjadi calon kuat Menteri Kesehatan pada era SBY, namun batal di detik-detik terakhir. SBY memutuskan menunjuknya sebagai Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals.

Keluarga

Nila Moeloek adalah istri dari Faried Anfasa Moeloek, Menteri Kesehatan Kabinet BJ Habibie. Ia dikaruniai tiga orang anak, yakni Muhammad Reiza Moeloek, Puti Alifa Moeloek, dan Puti Annisa Moeloek. Ia telah mempunyai lima cucu, antara lain Eriq Ihsan Moeloek, Puti Amira Roeslan, Fahrel Ilham Moeloek, Puti Affaya Roeslan, dan Anais Leila Puti.

Sumber