Menkominfo: Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital Indonesia

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk info lebih lanjut mengenai menteri ini, silakan kunjungi artikel Rudiantara

Kebangkitan kekuatan ekonomi digital di Indonesia menjadi salah satu poin penting perhatian Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Dalam event bertajuk "Empowering the Digital Energy of Asia", Menkominfo Rudiantara menyatakan kekuatan perdagangan digital merupakan kekuatan ekonomi baru yang akan membawa Indonesia menjadi yang terdepan di kawasan regional.

"Potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar. Karena itu para pelaku industri e-Commerce Indonesia harus mampu memanfaatkan potensi digital Indonesia yang saat ini terus bertumbuh, seiring meningkatnya pengguna internet," ujar Menkominfo Rudiantara saat membuka Pameran Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) 2017 di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (09/05/2017).

Menkominfo Rudiantara mengatakan, bangkitnya kekuatan ekonomi digital menjadi salah satu poin penting. Untuk itu, lewat event IESE yang berlangsung hingga Kamis (11/05/2017) itu, Menteri Rudiantara mengharapkan dapat ditindaklanjuti program pemerintah tentang teknologi dan ekonomi digital terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta mendukung program Kementerian Kominfo untuk mensosialisasikan peta jalan e-commerce Indonesia, khususnya dalam program 1.000 technopreneur di 2020.

Menteri Rudiantara juga menekankan bahwa saat ini pemerintah sedang fokus membangun Indonesia, bagaimana memeratakan pembangunan ekonomi di Indonesia. Dirinya juga mendorong agar perbankan bisa mengintegrasikan layanan mereka dengan berbagai teknologi yang saat ini berkembang, jika tidak ingin pasarnya digerus.

IESE 2017 diramaikan oleh sekitar 150 perusahaan di bidang e-Commerce Indonesia, seperti Blanja.com, Blibli, Elevenia, OLX, MatahariMall.com, dan lain-lain. Selain itu, lebih dari 100 pembicara baik dari dalam maupun luar negeri juga dihadirkan selama pameran berlangsung, 9-11 Mei 2017. Mereka akan berbagi pengalaman tentang tantangan dan peluang industri e-Commerce di Indonesia dan dunia.


Sumber