M Nasir

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
M nasir.jpg

Muhammad Nasir adalah Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam Kabinet Kerja Joko Widodo. Ia sebelumnya dikenal sebagai pakar anggaran sekaligus Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Selanjutnya M Nasir akan memimpin kementerian baru yang merupakan gabungan dari Kementerian Riset dan Teknologi yang dipadukan dengan Ditjen Pendidikan Tinggi.

Muhammad Nasir lahir di Ngawi, Jawa Timur, pada tanggal 27 Juni 1960.


Gebrakan

Pendidikan

M Nasir meraih gelar sarjana dari Universitas Diponegoro, lalu merampungkan program S2 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebelum akhirnya menggamit gelar doktor dari University of Science di Penang, Malaysia.

Karier

M. Nasir pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor II dan Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Ia pernah menjadi dekan Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip untuk periode 2010-2014 sejak 7 September 2010. Dia juga pernah menjabat Pembantu Rektor II di kampus yang sama. Ia terpilih sebagai Rektor Undip pada 9 September 2014 dan baru akan dilantik tanggal 18 Desember 2014. Namun, sebelum itu terlaksana, Jokowi telah menunjuknya sebagai Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi di Kabinet Kerja untuk periode 2014-2019.

Sebagai Menteri Ristek dan Dikti pertama dalam sejarah pemerintahan di Indonesia, ayah dari empat orang anak ini bertekad untuk menjadikan riset pendidikan tinggi negeri ini mampu bersaing dengan bangsa-bangsa maju di dunia.

Sumber