Kominfo Luncurkan limakilo.id, Bantu Petani Jual Hasil Panen

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk info lebih lanjut mengenai program menteri ini, silakan kunjungi artikel Rudiantara

Dalam rangka membantu petani menjual hasil panennya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menyatakan bahwa pihaknya telah menciptakan aplikasi 'toko online' khusus lapak jual-beli komoditas petani yang bernama limakilo.id.

"Lewat aplikasi itu, petani bisa menjual cabai, bawang merah, beras, dan sayuran. Selain itu, aplikasi ini tanpa pedagang perantara sehingga konsumen bisa membeli langsung dari petani," kata Rudiantara, Senin (11/4), di Desa Larangan, Brebes, Jawa Tengah.

Kendati demikian, Rudiantara mengungkapkan bahwa aplikasi ini sebenarnya telah dikembangkan sejak beberapa bulan lalu, akan tetapi penggunaan dan sosialisasinya secara resmi belum dilakukan.

"Selama ini baru aktif di Bandung dan Jakarta. Petani jual dengan harga tinggi, tapi itungan ke konsumennya lebih murah. Jadi, secara enggak langsung memutus beberapa mata rantai," ungkapnya.

limakilo.id, jelas Rudiantara, dapat dibuka dari komputer maupun smartphone lewat aplikasi yang telah di-download. "Kalau kita mau beli sayur yang fresh. Itu langsung dari petani. Misalnya dari Jawa Barat ke Jakarta, dalam waktu dua hari sudah sampai sejak dipetik. Harganya relatif bagus juga," paparnya. Sementara untuk sosialisasi kepada petani dan pembeli secara masif, Rudiantara akan mengerahkan belasan ribu relawan untuk membantu penggunaan aplikasi pada petani, dan sosialisasi pada konsumen di kota-kota besar.

"Kita punya belasan ribu relawan teknologi informasi. Kita akan dorong itu lagi, petani-petani juga kan sekarang kan anaknya banyak yang melek teknologi," beber Rudiantara.

Sumber