Kemkominfo dan Kemenkumham Blokir 22 Situs Pembajak Film

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk informasi lebih lanjut mengenai menteri-menteri ini, silakan kunjungi artikel Rudiantara dan Yasonna Laoly

Aksi pembajakan perfilman sudah sangat merajalela di Indonesia, hal ini tentu saja merugikan industri perfilman nasional, khususnya para pekerja kreatif yang sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membuat karya. Oleh sebab itu, perlu adanya perlindungan dari pemerintah terhadap karya-karya mereka dalam indsutri perfilman.

Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kemkominfo dan Kemenkumham melakukan tindakan tegas dengan memutuskan untuk menutup konten dan hak akses pengguna terhadap 22 situs online atau streaming yang dinilai menayangkan produksi film-film Indonesia secara tidak sah.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, penutupan 22 situs online tersebut merupakan upaya pemerintah untuk melindungi industri perfilman dalam negeri. Selain itu, hal tersebut merupakan bagian dari upaya menjadikan industri perfilman sebagai salah satu ujung tombak ekonomi kreatif di Indonesia.

Menurutnya, pemblokiran akses situs tersebut berdasarkan Peraturan Bersama Menkumham No. 14/2015 dan Menkominfo No. 26/2015 tentang Pelaksanaan Penutupan Konten dan atau Hak Akses Pengguna Pelanggaran Hak Cipta dan atau Hak Terkait Dalam Sistem Elektronik.

Menteri Rudiantara menyatakan, upaya ini dilakukan setelah adanya aduan dari Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi) pada 15 Agustus tentang situs terkait.

Hal senada juga diutarakan oleh Menkumham Yasonna H Laoly, ia mengharapkan adanya partisipasi aktif dari masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap dugaan pelanggaran hak cipta dan kekayaan intelektual. Ia juga menghimbau kepada masyarakat bila menemukan situs yang memuat konten ilegal, dapat melakukan pengaduan secara online melalui situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, yaitu http://efiling-hki.dgip.go.id/pengaduan/.

Adapun situs-situs online atau streaming ilegal yang diblokir adalah ganool.com, nontonmovie.com, bioskops.com, ganool.ca, kickass.to, thepiratebay.be, ‎downloadfilmbaru.com, ganool.co.id, 21filmcinema.com, gudangfilm.faa.im, movie76.com, isohunt.to, cinemaindo.net, bioskop25.net, unduhfilm21.net, ganool.in, bioskopkita.com, downloadfilem.com, comotir.net, movie2k.ti, unduhmovie.com dan 21sinema.com.

Sumber