Indonesia-Azerbaijan Tingkatkan Kerjasama Ketenagakerjaan: Perbedaan revisi

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
(←Membuat halaman berisi ':''Untuk informasi lebih lanjut mengenai Menteri ini, silakan kunjungi artikel Hanif Dhakiri'' Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan akan menin...')
 
(Tidak ada perbedaan)

Revisi terkini pada 20 April 2017 04.11

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Menteri ini, silakan kunjungi artikel Hanif Dhakiri

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan akan meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah Azerbaijan di bidang ketenagakerjaan. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri usai bertemu dengan Deputy Minister, Ministry of Labour and Social Protection of Regulation Republic of Azerbaijan, Martim Karimli di kantor Kemnaker, Rabu (12/4/2017).

Pemerintah Indonesia menyambut baik tawaran kerjasama bilateral di bidang ketenagakerjaan ini. Kerja sama bilateral tersebut diharapkan bisa semakin memperkuat hubungan kedua negara.

Beberapa ruang lingkup kerjasama yang akan dibahas lebih lanjut oleh tim teknis kedua negara, yakni jaminan sosial, perlindungan tenaga kerja migran, serta pelatihan vokasi dalam rangka pengembangan keahlian. Khusus untuk jaminan sosial, Azerbaijan memiliki kebijakan dan standar implementasi yang mengadopsi standar Uni Eropa.

Adapun untuk pelatihan vokasi bagi generasi muda, kerjasama yang diharapkan yaitu berupa investasi pelatihan kerja di Indonesia. Menaker Hanif Dhakiri mengungkapkan, Indonesia terbuka bagi investasi asing terutama di bidang pelatihan kerja. Sementara untuk perlindungan penempatan tenaga kerja migran, dalam pertemuan Menaker kembali menegaskan bahwa pemerintah saat ini fokus untuk mengirimkan pekerja dengan keahlian (skilled workers). Upaya peningkatan perlindungan juga terus dilakukan baik melalui perundingan bilateral maupun dalam forum multilateral.

Dalam pertemuan juga dibahas mengenai dukungan Indonesia dalam rencana pendirian Statue OIC Labor Centre di Baku, Azerbaijan yang akan diresmikan tahun ini.

Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat menguntungkan kedua negara, serta pemerintah Azerbaijan dapat mendukung kebijakan pemerintah RI dalam hal perlindungan dan kesejahteraan tenaga kerja migran di negara-negara penempatan.

Sumber

http://kemnaker.go.id/berita/berita-kemnaker/indonesia-tingkatkan-kerjasama-ketenagakerjaan-dengan-azerbaijan http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/04/12/ooaqx7284-indonesiaazerbaijan-tingkatkan-kerja-sama-ketenagakerjaan http://nusakini.com/news/indonesia-tingkatkan-kerjasama-ketenagakerjaan-dengan-azerbaijan