HM Prasetyo

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari

HM Prasetyo adalah Jaksa Agung Indonesia periode 2014-2019 dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK yang dikenal sebagai Jaksa Agung yang berasal dari dari jenjang karier sebagai jaksa, meskipun telah berhenti dan masuk ke partai politik Nasdem. Ia ditunjuk menggantikan Plt. Andhi Nirwanto. HM Prasetyo yang lahir di Tuban Jawa Timur pada 9 Mei

Ia dianggap pertaruhan terbesar Jokowi karena sebelumnya sempat menyebutkan ingin Jaksa Agung diangkat dari kalangan non parpol. Namun karena pengalamannya di Kejaksaan dan dianggap mampu bersikap netral, maka ia dituntut mampu mematahkan asumsi bahwa penunjukannya sebagai blunder politik dari presiden. Terbukti di awal pelantikannya, ia sudah mengerahkan tim khusus bernama Satgasus pemberantasan korupsi, bahkan tak segan membongkar ulang berbagai kasus di masa lalu.

Gebrakan

Pendidikan

HM Prasetyo adalah lulusan S1 di Fakultas Hukum Universitas Lampung.

Karier

Muhammad Prasetyo memiliki karier yang cemerlang di bidang hukum. Ia sudah menjabat sebagai Kepala Bagian Keuangan dan Materil di Bengkulu pada tahun 1973. Ia kemudian berdinas di Irian Jaya (Papua), Jakarta, Kalimantan Selatan, hingga akhirnya menjadi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejagung RI. Setelah dianggap cukup senior dan berpengalaman, ia kemudian berhenti dan menjadi pengacara.

Karier politik

Karier politik HM Prasetyo dimulai dengan kioprahnya sebagai Anggota Dewan Pertimbangan DPP Nasional Demokrat pada tahun 2011 yang kala itu masih merupakan ormas. Begitu Nasdem berubah menjadi partai politik, Prasetyo pun mendaftarkan diri sebagai caleg untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah II. Ia meraup suara yang membantu jalan melenggang ke DPR periode 2014-2019. Namun di tengah jalan, Joko Widodo menunjuk Prasetyo sebagai Jaksa Agung.

Keluarga

Ia sudah berkeluarga dengan istri bernama Ros Ellyana. Ia memiliki anak Bayu Aji Nugroho yang juga seorang jaksa dan seorang cucu.

Sumber