Basuki Hadimuljono

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
Kinerja Basuki Hadimuljono
Basuki1jutarumah.jpg
Infografis kemenpu.jpg

Basuki Hadi Muljono adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam Kabinet Kerja Jokowi. Ia dilahirkan di Solo pada 5 November 1954.

Pendidikan dan Karier

Basuki Hadimuljono menyelesaikan pendidikan menengahnya di lulusan SMA Negeri 5 Surabaya. Ia lalu meneruskan pendidikan tinggi di S1 di jurusan Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan lulus pada 1979. Kemudian, ia meraih gelar Magister (S2) dan Doktor (S3) Teknik Sipil dari Colorado State University, Amerika Serikat, pada bidang pengairan. Pada 2005 hingga 2007, Basuki Hadi Muljono menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum.

Sebelum dilantik menjadi Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat, ia adalah Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum. Basuki Hadi Muljono sempat menjadi Komisaris Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk .Selain itu, ia juga anggota tim penanggulangan lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tahun 2006. Selanjutnya hingga tahun 2013 ia adalah Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum.

Gebrakan

Basuki HAdimujonoquote.jpg