Bambang Brodjonegoro

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
BambangBrodjonegoro.jpg

Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.UP., Ph.D. adalah Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja Jokowi kemudian pada tanggal 27 July 2016 ada reshuffle kabinet sehingga menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggantikan Sofyan Djalil. Ia dikenal karena pengalamannya menjadi Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Sehingga dalam usia relatif muda, 48 tahun, ia dianggap sangat berpengalaman.

Gebrakan

Gebrakan Peralihan Jabatan Menjadi Menteri PPN/Bapenas

Pendidikan

Ia menamatkan pendidikan tingginya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (S1), kemudian menempuh program magister dan doktoral di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat. Selama di UI, ia mendapat penghargaan mahasiswa berpretasi pada tahun 1989. Ia juga mendapat Academic Scholarship dari pemerintah Indonesia pada periode Agustus 1991 hingga Desember 1995.

Ia juga pernah menjadi Visiting Fellow dari The Institute of East Asian Studies, Thammasat University, Thailand (Maret 1999), Visiting Fellow dari The Institute of Southeast Asian Studies, Singapura (Maret-Juni 1999), Eisenhower Fellowships dalam program The Single Region Program-Southeast Asia di Amerika Serikat (September-November 2002). Ia juga Visiting Fellow dalam program The Indonesia Project-Australian National University (ANU) di Canberra, Australia, (Desember 2004), dan memperoleh penghargaan World Bank Research Fellowship Award.

Karier

Bambang Brodjonegoro aktif di berbagai lembaga, terutama di bidang ekonomi maupun sosial, ia juga telah meraih banyak penghargaan dan beasiswa, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Ia juga pernah menjadi Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini juga pernah mendapatkan penghargaan World Bank Research Fellowship Award.

Sumber