Arief Yahya

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
Arif Yahya.jpg

Ir. Arief Yahya, M.Sc. adalah Menteri Pariwisata di Kabinet Kerja Jokowi. Ia terkenal karena sebelumnya sukses memimpin PT Telekomunikasi Indonesia sebagai CEO, menggantikan Rinaldi Firmansyah. Arief Yahya lahir di Banyuwangi pada tanggal 2 Maret 1961.

Gebrakan

Pendidikan

Ia menuntaskan pendidikan menengah di SMA 1 Banyuwangi. Kemudian lulus di Institut Teknologi Bandung, Jurusan Teknik Elektro. Program Masternya dilanjutkan di Universitas Surrey, Inggris, untuk program Telematics. Setelahnya, ia melanjutkan program doktoral di Universitas Padjadjaran.

Penghargaan

Selama berkarier di Telkom, ia mendapat banyak penghargaan, antara lain The Best Kandatel, Pemasaran Telepon Terbaik Telkom Jakarta, dan penghargaan Gema Telkom Award. Selain itu, ia juga mendapatkan penghargaan atas keberhasilan melakukan Recovery Fastel dalam waktu cepat dari bencana banjir di Kawasan Segitiga Emas Jakarta untuk Telkom Jakarta Barat tahun 2002, Kandatel Terbaik Malcolm Baldrige National Quality Award, Kepala Divisi Regional (Kadivre) Terbaik The Best Sponsor. Ia juga meraih Zero Accident Award Penghargaan Kecelakaan Kerja Nihil 2003 dari Menakertrans, Penghargaan Management War Room Terbaik 2003, The Best Jalur Komando Award dari Panglima Daerah VI Kalimantan, hingga Divre Terbaik Rocky of The Year 2003.

Kontroversi

Ia sempat terkena fitnah dan pemerasan dari akun fitnah berbayar, Triomacan2000 alias Raden Nuh dan kawan-kawan. Berdasarkan surat laporan LP/3931/X/2014/PMJ/ Dit. Reskrimsus tanggal 29 Oktober 2014, pelapor berinisial AS melaporkan HK dan kawan-kawan soal tindak pidana pemerasan dengan kerugian Rp 358.000.000. Arief Yahya sendiri enggan berkomentar karena menganggap kasus tersebut adalah urusan PT Telkom, sementara dirinya sendiri ingin fokus mengurusi pariwisata.

Sumber