Anies Baswedan

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
Anies baswedan1 copy.jpg
Meme Anies Baswedan.jpg

Dr. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D adalah Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah di Kabinet Kerja Jokowi. Ia terkenal karena berhasil membangun gerakan relawan Indonesia Mengajar. Ia juga mengukir rekor sebagai rektor termuda di Indonesia pada umur 38 tahun saat dipercaya memimpin Universitas Paramadina. Ia membuat program Paramadina Fellowship. Ia juga menggagas pengajaran anti korupsi sebagai mata kuliah.

Setelah gagal dalam konvensi Capres Partai Demokrat, ia aktif dalam kampanye pilpres sebagai salah satu juru bicara tim sukses Jokowi. Ia juga terlibat dalam tim transisi sebagai Deputi Tim Transisi bidang Kesra. Setelah pelantikan Jokowi, ia diangkat menjadi Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah dari kalangan profesional.

Gebrakan

Kinerja Anies Baswedan

Masa Kecil, Pendidikan, dan Karier

Anak dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliyah Rasyid ini, mulai mengenyam bangku pendidikan di TK Masjid Syuhada. Menginjak usia 6 tahun, Anies kecil melanjutkn pendidikan di SD Laboratori di Yogyakarta. Setelahnya, di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Ia kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 2 Yogyakarta. Pada tahun 1987 ia mengikuti program pertukarana pelajar AFS dan tinggal selama setahun di Milwaukee, Winconsin, Amerika Serikat. Pendidikan tingginya ia lanjutkan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta di Fakultas Ekonomi pada tahun 1989-1995.

Anies sempat bekerja di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi UGM, sebelum kemudian mendapat beasiswa Fulbright dan melanjutkan kuliah masternya dalam bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi di School of Public Affairs, University of Maryland, College Park, tahun 1997 dan lulus pada bulan Desember 1998.

Program Doktor ia lanjutkan di ilmu politik di Northern Illinois University pada tahun 1999. Dia bekerja sebagai asisten peneliti di Office of Research, Evaluation, and Policy Studies di kampusnya, dan meraih beasiswa Gerald S. Maryanov Fellow,

Sumber