14 BUMN Angkut 55 Ribu Peserta Mudik Gratis

Dari Jokopedia
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk info lebih lanjut mengenai menteri ini, silakan kunjungi artikel Rini Soemarno

Setelah menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan biasanya akan diikuti dengan tradisi pulang kampung atau mudik. Tradisi mudik sudah menjadi tradisi yang mendarah daging dan sudah ada sejak dahulu.

Banyak yang memanfaatkan kegiatan mudik untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga sekaligus merayakan Idul Fitri bersama-sama. Selain itu, Mudik juga sebagai sarana rekreasi bersama keluarga yang jarang dilakukan di hari normal.

Tahun ini, pemerintah menyediakan program mudik gratis bagi masyarakat untuk mengurangi kepadatan jalan raya dan sekaligus meminimalisir angka kecelakaan saat mudik. Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan ada 14 BUMN yang akan menyediakan sarana mudik gratis bagi 55 ribu peserta mudik.

Program mudik gratis ini akan mulai dilaksanakan pada 11 juli mendatang. Untuk moda transportasi udara, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bersama Citilink akan menambah jumlah kursi untuk melayani para pemudik.

Selain moda transportasi udara, Menteri Rini Soemarno juga menyiapkan moda transportasi darat. PT Kereta Api Indonesia telah menyiapkan tambahan gerbong kereta sebanyak 15 persen untuk tahun ini.

Tidak hanya transportasi udara dan kereta saja yang diprioritaskan oleh Menteri Rini Soemarno. Ia juga sedang berusaha meningkatkan kerja sama antara Pelni dan Damri dalam menghadapi mudik Lebaran ini.

Sumber